pusat informasi batu akik cincin mulia indonesia termahal termurah popular langka

Semua tentang Batu Akik Kecubung yang indah

by admin , at 9:36 AM , have 0 comments
batu akik kecubung
Siapa sih yang tidak kenal dengan batu yang satu ini. Batu akik kecubung atau disebut juga amathys merupakan salah satu batu yang paling dicari oleh penggemar batu di seluruh dunia. Selain karena warna batu ini indah, juga dapat membuat pemakainya menjadi kelihatan lebih berwibawa. Oleh karena itu tidak heran bila harga batu akik ini harganya sangat mahal. Ada yang dipakai sebagai penunjang penampilan semata, ada juga sebagai investasi dan ladang bisnis.

Sejarah Batu Kecubung

Batu kecubung tergolong jenis batuan mineral kuarsa (silicon dioxide), biasanya berwarna ungu, ungu muda, sampai merah muda. Dalam sejarah, warna ungu seperti pada batu ini adalah warna yang sering dipakai oleh seorang raja maupun bangsawan keluarga kerajaaan. Karena itulah, para penguasa sering memiliki berlian yang terbuat dari batu kecubung. Selain itu batu ini sangat cocok untuk anda yang kelahiran bulan februari. Lihat juga : memilih batu akik berdasarkan bulan kelahiran

Sifat Kimia dan Optik Batu Kecubung

Inklusi dari batu permata seratnya tidak semua terlihat jelas, sehingga ilmuwan atau gemologist dapat memastikan nama batu dengan sebuah alat untuk mengetahui sifat-sifat kimia maupun optic batu permata tersebut, ciri-cirinya mempunyai tingkat kekerasarn 7 dalam skala Mohs, berat jenisnya sekitar 2,64 – 2,66 sedangkan indeks biasnya 1,544 – 1,553.

Manfaat Memakai Batu Kecubung

Banyak yang percaya kalau batu kecubung mempunyai aura mistik yang membuat dan banyak dipercayai bisa memberikan manfaat yang banyak di antaranya : pesona, keberuntungan, kharisma dan wibawa, menjaga kesehatan, spiritualitas, keselamatan, dan proteksi ghaib

Membedakan Kecubung Asli dengan Palsu

Bagi pemula seperti saya harus berhati-hati dalam memilih batu kecubung karena yang tiruan dengan batu kecubung tersebut sangatlah tidak sedikit alias banyak. Anda tidak mau dong kalau membeli yang palsu dengan membayar harga yang mahal.

Salah satu jenis yang banyak dicari di pasaran batu indonesia yaitu kecubung Wulung, disebabkan batu ini langka dan banyak orang percaya dengan kekuatan batu kecubung tersebut dapat berlipat ganda dari batu bertuah biasa. Bila dilihat sekilas seperti berwarna hitam seperti batu mustika hitam umumnya, kalau dipegang terasa berat dan keras, kalau terkena cahaya dia akan tembus dan warnanya beragam, ada yang kuning, kuning kemerahan, ungu, merah, namun intinya dia akan tembus bila terkena cahaya, sedang Batu Akik warna hitam umumnya tidak tembus jika terkena cahaya. 

Macam- macam batu kecubung

1. Kecubung Wulung
batu akik kecubung wulung

Batu akik kecubung wulung selain menjadi incaran kolektor dalam negeri, juga menjadi buruan kolektor luar negeri. Batu akik kecubung jenis ini di pasaran internasional sering disebut dengan Amethyst yang sangat dipercayai memiliki daya supranatural yang kuat.
Ciri yang menonjol dari batu akik kecubung wulung adalah memiliki warna khas hitam gelap namun jika disenter akan dan warna tampak beragam, seperti merah, kuning atau juga ungu. Batu ini kelihatan keras dan akan terasa lebih berat jika Anda pegang.
Salah satu Kecubung Wulung yang terkenal adalah milik Herawansyah, warga kota Bengkulu. Sempat ditawar dengan dua unit mobil Mitsubishi Pajero Sport yang seharga Rp. 500.000.000,- tetapi ditolak oleh Herawansyah karena batu ini pemberiaan dari istri tercinta. Ia menjelaskan bahwa awalnya batu itu dilihat oleh seorang pengusaha dari pulau jawa, tertarik dengan batu yang dipakai Herawansyah, Herawansyah pun ditawar satu unit mobil Mitsubishi Pajero Sport dengan batu tersebut. "Karena saya tolak dia tambah satu Pajero lagi, tapi tawarannya belum saya terima," kata Herawansyah. Herawansyah tidak mengetahui jika batu tersebut memiliki Junjung Derajat, ternyata hal itulah yang membuat batu itu langkah dan mahal. "Saya tidak terlalu mengerti soal batu, waktu saya tanya dengan orang yang paham dia bilang itu motif Junjung Derajat, karena motif itu langka maka batu ini berharga," ujarnya.

2. Kecubung Air
batu kecubung kalimantan putih

Kecubung Air ini merupakan favorit kolektor batu karena keunikannya. Batu jenis ini memiliki warna indah menawan dengan khas yang kemiripan dengan air yang bening dan berkilau. Ciri-ciri jenis batu akik kecubung air adalah memiliki warna yang jernih. Bisa memiliki corak yang bervariasi dengan bahan dasar berwarna putih, dan jika dipegang dengan tangan akan terasa sedikit berat. Batu ini semakin berharga dan mahal apabila memiliki serat yang unik, atau bening sama sekali. Maka tidak mengherankan apabila harganya untuk ukuran batu cincin yang bersih bisa mencapai harga satu milyar.

3. Batu Kecubung Es Kalimantan
kecubung es kalimantan

Manfaat dan Khasiat batu kecubung es sering dikaitkan dengan ilmu pelet ataupun pengasihan oleh beberapa orang. Hal tersebut menjadikan batu akik kecubung jenis ini sangat diburu oleh berbagai kalangan. Ciri yang khas yaitu adanya corak serat es di dalam batu tersebut. Garis-garis layaknya guratan pada sebuah es sangat jelas dilihat dengan mata keranjang tanpa disenterin.

4. Kecubung Teh
akik kecubung teh

Batu ini memiliki karakteristik warna kecoklatan yang elok dan coklat bening seperti warna pada teh. Batu ini juga dipercaya memiliki khasiat yang dahsyat bagi siapa saja yang memakainya. Salah satu yang menjadi khasiat utama dari batu akik kecubung jenis ini adalah mampu memberikan ketenangan batin bagi pemakainya.

5. Batu Kecubung Rambut
batu kecubung rambut kalimantan

Batu akik kecubung rambut memiliki corak khusus yang unik, dengan motif seperti rambut yang dominan terdapat di dalam batu ini membuat harga jual menjadi mahal. Batu akik jenis ini dipercaya bisa memberikan motivasi dan semangat hidup bagi penggunanya. Walaupun hanya sekedar kepercayaan saja, namun banyak orang membeli batu kecubung rambut dengan alasan untuk menambah semangat hidup.

6. Kecubung Asihan

Batu ini konon katanya adalah batu akik yang sering dipakai untuk pengobatan di Indonesia. Pengobatan non-medis dengan akik, hampir semuanya menggunakan batu akik kecubung asihan ini. Batu kecubung asihan memiliki kekhasan dengan bentuk sederhana dengan warna dasar ungu, mulai dari ungu tua sampai dengan ungu tua. khasiatnya adalah dipercaya dapat menambah kewibawaan, sehingga sangat cocok untuk para pemimpin. Selain itu, juga dipercaya memiliki manfaat untuk pengasihan, jika jodoh sulit bisa segera mendapatkan.

5. Batu Kecubung Hitam

Batu jenis hitam ini tidak pernah ditemukan dan dia populer dari mulut ke mulut masyarakat. Walaupun tidak pernah ada tetapi kecubung hitam tetap dipercaya keberadaannya. 

Baca juga : Batu lapis lazuri, batu terkeren di dunia

Cara merawat batu kecubung

Diperlukan langkah-langkah yang benar dan tidak asal-asalan, karena batu tersebut gampang tergores disebabkan banyak hal, seperti benturan dengan benda keras ataupun terjatuh,

Berikut ini cara merawat batu kecubung:

Bahan-bahan:

  1. Sabun cuci
  2. Sikat gigi
  3. Kertas pembungkus rokok
  4. Baby oil

Caranya:

1. Bersihkan batu dengan sabun cuci sebulan sekali menggunakan sikat gigi
2. Jangan gunakan kulit untuk mengkilapkan karena bisa tergores.
3. Gunakan kertas pembungkus rokok bagian putihnya untuk menambah kilau batu.
4. Oleskan dengan baby oil dipermukaan batu agar warna lebih terjaga.

Apabila batu kecubung amethys tergores gosok dengan amplas 1500, lalu kilapkan dengan kertas atau serbuk intan, atau jika sobat tidak sempat, cukup serahkan kepada tukang poles batu terdekat di tempat sobat.
Semua tentang Batu Akik Kecubung yang indah
Semua tentang Batu Akik Kecubung yang indah - written by admin , published at 9:36 AM, categorized as asal batu cincin , batu akik termahal , batu langka , batu permata , kecubung . And have 0 comments
No comment Add a comment
Cancel Reply
GetID
Theme designed by Damzaky - Published by Proyek-Template
Powered by Blogger
-->