pusat informasi batu akik cincin mulia indonesia termahal termurah popular langka

Jenis batu akik dari bentuknya

by admin , at 5:46 AM , have 0 comments


jenis batu akik
Dari awal peradaban dahulu kala, manusia telah terpesona oleh sesuatu yang mengkilap, kerang berwarna-warni, batu dan kristal. Memilikinya membuat mereka merasa lebih bermartabat daripada yang lain. Batu permata selalu dianggap sebagai pembawa perdamaian, kemakmuran dan kebahagiaan.

Beberapa abad yang lalu, ketentuan standar tentang batu mulia dan semi mulia mulai diterapkan umum. Meskipun ada banyak pengecualian untuk klasifikasi tertentu, tetapi istilah ini masih tetap digunakan. Misalnya, berlian selalu dianggap sebagai batu mulia, namun ada berlian yang dijual seharga $ 100 per karat. Di sisi lain, ada garnet yang dijual lebih dari $ 1.000 per karat dan garnet secara tradisional telah dianggap batu semi mulia. Oleh karena itu, perhiasan pada jaman sekarang sering disebut batu permata, selain berlian.
Secara tradisional, Jenis batu akik dari bentuknya dibedakan 2 kategori :

Batu Mulia

Batu permata yang sangat berharga karena tingkat kekerasan dan kelangkaan mereka, disebut sebagai Batu Mulia. Harga Batu Mulia umumnya lebih mahal dibandingkan Batu Semi Mulia. Dan Hanya ada empat jenis batu Mulia yaitu :

Berlian Asli

gambar berlian asli

Foto Berlian Asli

Warna – Putih, Bening
Skala kekerasan Mohs - 10
Kelas Mineral -
Ditemukan di di Afrika tengah dan selatan, Kanada, Rusia, Brasil, dan Australia

Berlian Asli juga dianggap sebagai Batu permata yang paling berharga di dunia. Berlian tidak hanya mewah dan cantik tapi juga memiliki nilai estitika yang sangat tinggi, tapi sayangnya saat ini banyak pelaku pasar mencoba menyamarkan makna dari berlian sendiri dengan menghadirkan batu berlian sintetik (palsu), maka itu sebelum membeli batu berlian kenali dulu ciri-ciri batu berlian seperti dibawah ini :
  1. Keras, Saat ini batu berlian itu mempunyai kepadatan dan termasuk bagian batu terkeras didunia, apa bila berlian itu terjatuh di lantai dan patah atau pun retak berarti berlian tersebut dikategorikan sebagai batu palsu. 
  2.  Warna, Berlian tidak hanya berwarna bening dan transparan tapi juga terdapat warna-warna seperti pink, kuning, dan biru berlian tersebut berlian yang langka.
  3. Dapat Menggores, Jika batu berlian anda dapat menggores pada saat anda ingin mengujinya dan ternyata batu anda tidak rusak melaikan tempat yang digoreskan seperti kaca menjadi tergores atau pecah maka batu berlian tersebut asli, tapi jika terjadi sebaliknya maka dikatakan sebagai berlian palsu.
  4. Cermin Tidak Jelas, Mungkin perkiraan anda bahwa berlian dapat dijadikan cermin dan tampak terlihat jelas, ternyata berlian asli tidaklah demikian karena terdapatkan refleksi ngebias, tapi jika berlian itu dapat terliat jelas maka itu palsu.
  5. Tidak Dapat Dipanaskan, Berlian tidak didapat dipanaskan apabila berlian dipanaskan dan ternyata panas maka berlian tersebut adalah berlian palsu. Karena berlian bahkan dapat menghilangkan rasa panas benda tersebut.

Zamrud
batu zamrud

Warna – Hijau, Hijau tua
Skala kekerasan Mohs - 7,5-8
Kelas Mineral - Beryl
Ditemukan di Columbia, Brazil, Zimbabwe, Afrika Selatan, Afghanistan, Amerika Serikat

Adalah salah satu batu permata yang paling menarik dan indah. Nama batu permata yang luar biasa ini berasal dari bahasa Yunani 'Smaragdos', yang berarti 'Hijau Batu'. Warna hijau yang indah, dikombinasikan dengan daya tahan dan kelangkaan, menjadikannya salah satu batu permata yang paling berharga. Warna hijau yang mendalam adalah warna yang paling diinginkan di zamrud. Warna hijau dari batu ini menempati posisi khusus dalam banyak budaya dan agama.

Meskipun Zamrud terkenal karena kekurangan mereka tapi masih dianggap sebagai permata yang berharga tinggi sejak zaman kuno. Batu zamrut yang sempurna walau sangat jarang ditemukan, tetapi pernah tercatat penemuaan yang kadang-kadang bahkan lebih keras dari berlian. Kekerasan yang baik melindungi batu dari sebagian besar goresan tapi mungkin akan retak jika terbentur keras atau jika terkena suhu ekstrim. Untuk merawat dan menghidari retakan, batu zamrud tidak boleh dibersihkan dengan perhiasan pembersih ultrasonik, dan hanya boleh dicuci dengan sabun. Tujuannya adalah menghilangkan minyak yang melekat dan melindungi kemungkinan terjadi pecahan di dalam inti batu tersebut.

Rubi

Warna – Merah terang, merah kecoklatan, merah keunguan, merah gelap
Skala kekerasan Mohs - 9
Mineral Kelas - Korundum
Ditemukan di Burma, Thailand, Sri Lanka dan Tanzania

Ruby adalah Mineral Korundum berwarna merah, merupakan salah satu mineral yang paling sulit ditemukan di bumi. Mineral Korundum adalah bentuk mineral alumina yang mengkristal dalam sistem heksagonal. Warna merah ruby ​​hasil dari campuran kecil oksida kromat. Hanya korundum berwarna merah lah yang boleh disebut ruby, semua warna lain yang diklasifikasikan sebagai safir. Warna yang paling berharga adalah merah darah atau merah dikenal dalam di kalangan penggemar batu sebagai merah darah merpati.

Nama batu permata yang kaya dan mulia ini berasal dari bahasa Latin 'Rubens' yang berarti 'Red'. Dalam bahasa Sansekerta, ruby ​disebut 'Ratnaraj', yang berarti 'raja batu mulia'. Selama ribuan tahun, ruby ​​telah dianggap sebagai salah satu batu permata paling berharga di Bumi. Dia memiliki semua kelebihan dari batu yang ada di dunia ini yaitu harus memiliki warna megah, kekerasan baik dan kecemerlangan yang luar biasa. Selain itu, batu permata ini menjadi sangat langka karena kualitas tekturnya yang sangat halus. Hal lain yang paling penting dari batu mulia ini adalah warnanya. Warna merah ruby ​​yang tak tertandingi: hangat dan berapi-api. Batu permata ini memiliki kekerasan yang sangat baik, daya tahan, kilau, dan sangat langka. Rubi Transparan yang berukuran besar bahkan lebih langka daripada berlian.

Ruby dianggap sebagai pilihan yang sangat baik untuk perhiasan. Dari segi rona merah yang sangat kaya, yang sudah cukup sebagai daya tarik tersendiri, ruby ​​merupakan batu dengan kekuatan dan daya tahan nomor dua setelah berlian. Meskipun Ruby adalah permata tangguh dan tahan lama, tetapi tetap bisa patah jika ditangani secara kasar.

Safir
batu safir

Warna - Biru, Kuning, Hijau, Putih, Bening, Pink, Orange, Coklat dan Ungu
Skala kekerasan Mohs - 9
Mineral Kelas - Korundum
Ditemukan di Sri Lanka, Thailand, Burma, Australia, India, Brazil dan Afrika

Batu Safir juga berasal dari mineral Korundum dan mempunyai semua warna kecuali Korundum merah, yang disebut batu Ruby. sifat fisik dan kimianya hampir mirip dengan sifat dari Ruby. Biru adalah warna utama dari Safir tetapi ditemukan juga dalam warna seperti hijau, oranye, merah muda, abu-abu, tidak berwarna, hitam, coklat, dan ungu. Kata 'Safir' dalam konteks polos hanya merujuk Safir biru, kecuali ada sebutan warna di awalan. Safir dengan warna selain biru sering disebut 'Fancy' dalam perdagangan permata. batu permata safir melambangkan keharmonisan, persahabatan dan loyalitas.

Safir adalah batu permata biru yang paling berharga. Ini adalah permata yang paling diinginkan karena yang warna, kekerasan, daya tahan, dan kilau. Nilai batu permata ini tergantung pada ukuran, warna dan transparansi. Safir yang berkualitas sangat jarang ditemukan di semua tambang batu permata di dunia. Pemotongan batu permata ini membutuhkan keterampilan dan pengalaman dari pemotong untuk mengorientasikan kristal mentah sedemikian rupa sehingga didapatkan warna yang terbaik. Batu Safir dan rubi telah berhasil dan banyak diproduksi secara sintetis di laboratorium, dan dalam penampilan, komposisi kimia dan kekerasan yang hampir sama dengan permata alami. Perancis adalah pusat produksi utama untuk Korundum sintetis.

The Safir juga dianggap sebagai pilihan yang sangat baik untuk perhiasan. Dalam hal kekerasan dan daya tahan, itu adalah yang kedua setelah berlian (dan sama dengan ruby). Hal ini dapat dipakai sehari-hari tanpa perlu waspada seperti memakai batu permata yang lebih rapuh seperti opal atau topaz. Meskipun Safir adalah permata keras dan tahan lama, tetapi tetap patah jika ditangani dengan kasar.


Batu Semi Mulia

Batu permata yang berharga karena keindahannya dan tidak termasuk dalam salah satu dari empat Batu Mulia seperti Berlian, Zamrud, Rubi dan Safir, dikenal sebagai Batu Semi Mulia. Batu Semi Mulia tersedia dengan harga dari rendah sampai tinggi.

Ada banyak Batu Semi Mulia yaitu:

Alexandrite
batu alexandrite

Warna – Hitam, Hijau kegelapan (warna berubah tergantung pencahayaan lampu)
Skala kekerasan Mohs - 8,5
Kelas Mineral - Chrysoberyl
Ditemukan di Rusia, Sri Lanka, Brasil, Burma, Madagaskar, USA

Alexandrite adalah bentuk mineral Chrysoberyl, ditemukan pada tahun 1830 di Rusia dan dinamai Czar Alexander II, yaitu nama Putra Mahkota Rusia saat itu. Alexandrite adalah batu yang sangat menarik dan langka, dan bila dari segi kehalusannya di atas satu karat maka akan menjadi batu permata paling mahal di dunia, lebih langka bahkan dari batu Ruby, Safir atau Zamrud.

Keunikan yang paling sensasional dari batu ini adalah kemampuannya yang mengejutkan yang dapat mengubah warna dari berbagai pencahayaan. Dari warna Hijau atau hijau kebiruan di siang hari, warna merah bila terkena cahaya lilin, warna hijau bila terkena lampu neon dan ungu kemerahan bila terkena cahaya lampu standar.

Kecubung
batu kecubung

Warna - Ungu, ungu lavender, violet
Skala kekerasan Mohs - 7
Kelas Mineral - Quartz
Ditemukan di Sri Lanka, Brasil, Burma, Kanada, Afrika Timur, India, Amerika Utara, Rusia, Uruguay, Madagaskar dan Australia

Kecubung adalah keluarga mineral Quartz, diwarnai oleh serat mangan, titanium dan besi. Kecubung yang kaya warna lebih mahal harganya. Warna ungu menjadi warna yang langka dan dicari. Nama Lain kecubung yaitu Amethyst berasal dari kata Yunani 'Amethystos' berarti 'Tidak Mabuk'. Amethyst dikatakan membawa keberuntungan dan memancarkan cinta. Batu yang cemerlang dan berkilau ini adalah batu permata paling berharga dari keluarga mineral kuarsa.
lihat artikel lengkapnya semua tentang batu akik kecubung

Aquamarine
batu aquamarine

Warna – Biru, Hijau laut
Skala kekerasan Mohs - 7,5-8
Kelas Mineral - Beryl
Ditemukan di Brazil, Madagaskar, Rusia, Afghanistan, India, Pakistan, Nigeria, Zambia, Mozambik dan Amerika Serikat

Aquamarine adalah Salah satu mineral Beryl. Merupakan batu permata yang indah dan ditemukan dalam warna seperti biru terang langit ke biru laut. Semakin intens warna dari Aquamarine, semakin berharga batu tersebut.

Namanya berasal dari bahasa Latin 'Aqua' (air) dan 'Mare' (laut). Aquamarine adalah salah satu batu permata yang paling populer dan terkenal. Kekerasannya membuatnya sangat sulit dan terlindungi dari sebagian besar goresan. Hampir tidak ada batu permata dalam desain perhiasan modern yang dapat disempurnakan dalam berbagai cara seperti Batu Aquamarine.

Citrine
batu citrine

Warna – Kuning muda, Kuning lemon, coklat kemerahan
Skala kekerasan Mohs - 7
Kelas Mineral - Quartz
Ditemukan di Amerika Selatan, Brasil, Madagaskar, Argentina, Rusia, Skotlandia dan Spanyol

Citrine adalah batu mineral Quartz dan sering salah dan keliru dengan 'Topaz'. Batu Citrine yang berseri-seri ini mendapatkan namanya dari kata Perancis 'Citrin', yang berarti 'Kuning'. Tidak banyak batu permata kuning dalam dunia perhiasan dan Citrine memenuhi keinginan warna semua orang, dari kuning lemon sampai coklat kemerahan, dalam kisaran harga yang terjangkau.

Citrine dikenal sebagai batu permata tangguh dengan daya tahan yang baik. Untuk sebagian besar, Citrine tidak sensitif terhadap goresan dan dengan demikian itu adalah pilihan yang sangat baik untuk perhiasan sehari-hari.

Garnet/Delima
batu garnet

Warna – Merah terang, Violet, White, Hijau, Kuning, Coklat, Hitam
Skala kekerasan Mohs - 6.5-7.5
Kelas Mineral - Quartz
Ditemukan di Burma, Sri Lanka, Afrika Selatan, Cina, Amerika Serikat, Tanzania, Madagaskar, India dan Australia

Artikel lengkap batu garnet atau batu delima
Garnet adalah keluarga dari batu yang memiliki banyak varietas yang berbeda dalam warna dan konstituennya. Nama ini berasal dari kemiripannya di warna dan bentuk seperti benih delima. Warna yang paling umum dari Garnet berkisar dari merah muda ke ungu, tetapi juga bisa menjadi putih, hijau, kuning, coklat dan hitam kecuali biru.

Batu Garnet mengalami varietas yaitu:

Grossularite

grossularite umumnya zaitun hijau, tetapi ada juga varietas kuning, merah, coklat dan ungu.

Pyrope

Pyrope mirip dengan Almandine, tetapi lebih ringan dalam warna dan cerah, meskipun tembus. Orang sering keliru dengan batu ruby.

Almandine

Almandine adalah dari beludru merah tua dan paling banyak digunakan dalam pembuatan perhiasan. Almandine yang baik adalah yang berwarna tidak terlalu gelap.

Rhodalite

Rhodalite adalah Jenis yang berada di antara Almandine dan Pyrope, menjadi dari warna merah rhododendron, dan adalah yang paling berharga dari garnet. Garnet berkualitas Rhodolite adalah yang sangat baik.

Beberapa Varietas lainnya 

adalah Andradite, Essonite, Tsavorite, spessartite, Melanite, Allochroite, Ouvarovite dan Demantoid. Batu ini memiliki sejarah panjang digunakan sebagai batu obat dan digunakan untuk penyembuhan penyakit darah dan paru-paru.

Iolite
batu iolite

Warna – Biru Violet, Biru Tua, Biru keabu-abuan, Kuning keputihan
Skala kekerasan Mohs - 7-7,5
Mineral Kelas - Cordierite
Ditemukan di India, Sri Lanka, Mozambik, Zimbabwe dan Brasil

Nama Iolite berasal dari kata Yunani 'Ion', yang berarti 'Violet'. Batu Iolite sering keliru dengan Batu Tanzanite karena kesamaan warna. Umumnya, Iolite adalah warna yang lebih dalam violet, dengan warna mulai dari biru, ungu, lavendar, dan biru keabu-abuan.

Permata ini benar-benar digunakan sebagai alat navigasi dengan Viking penjelajah. Potongan-potongan tipis Iolite dipotong dan digunakan sebagai lensa filter polarisasi. Melihat melalui lensa, mereka bisa menentukan posisi yang tepat dari matahari dan menggunakannya untuk membimbing mereka ke Dunia baru dan kembali lagi.

Iolite relatif keras tetapi harus dilindungi dari benturan. Dengan warna yang menarik dan harga yang terjangkau, mungkin banyak dipilih menjadi pokok perhiasan di masa depan.

Onyks
batu onyx

Warna - Hitam, Putih, Hitam dengan tanda Putih, Merah, Coklat
Skala kekerasan Mohs - 6,5-7
Kelas Mineral - Quartz
Ditemukan di Madagaskar, India, Brazil, Amerika Serikat, Pakistan dan Sri Lanka

Onyx adalah batu permata yang indah terdiri dari kalsedon (berbagai kuarsa). Batu permata ini biasanya datang dalam band putih, hitam atau hitam dengan putih dan umumnya dicat hitam untuk meningkatkan warna. Band-band yang ditemukan pada Onyx berbentuk paralel dan konsisten. Hal ini sangat mirip dengan Agate, varietas lain kuarsa. Band Agate bulat atau melingkar dan tidak konsisten. Onyx yang tersedia dalam warna coklat merah, coklat atau kemerahan dikenal sebagai Sardonyx.

Onyx sangat populer bagi orang-orang Yunani dan Romawi kuno. Nama Onyx berasal dari kata Yunani 'onyx', yang berarti kuku atau cakar. Dalam perhiasan, latar belakang hitam sering disediakan oleh onyx. Hitam batu permata Onyx dengan band putih umumnya digunakan dalam akting cemerlang dan manik-manik.

Opal
batu opal

Warna - Hitam, Putih, Gray, Yellow, Red, Orange dan tak berwarna
Skala kekerasan Mohs - 5-6,5
Ditemukan di Australia, Brazil, Mali, Jepang, Rusia, Amerika Serikat, Meksiko

Opal adalah batu permata yang sangat populer, terutama karena terdapat berbagai warna yang kaya dan indah. Salah satu keunikan yang luar biasa dari batu permata ini disebut Opalescence. Opalescence adalah jenis permainan cahaya yang terjadi dengan batu kualitas tinggi tertentu. Cahaya membayang dan memantul di sekitar struktur yang sangat kecil dari batu, memberikan aura indah dan kadang-kadang terjadi permainan warna.

Nama Opal berasal dari tiga sumber: Sansekerta 'Upala', Latin 'Opalus', dan Yunani 'opallios'. Ketiga kata ini mempunyai arti yang sama yaitu batu mulia. Batu permata ini dibedakan berdasarkan berbagai aspek seperti : tempat asal, dan warna utama batu, menjadi gelap atau Black Opal, Putih atau Bright Opal, Susu atau Crystal Opal, Boulder Opal, Opal Matrix, Meksiko dan Fire Opal.

Opal terdapat berbagai jenis warna, termasuk hitam, putih, abu-abu, kuning, tidak berwarna, orange dan merah. Warna merah dianggap warna paling populer dan Opal merah yang menarik biasanya ada dua jenis yaitu merah cherry dan merah menyala. Merah menyala biasanya paling populer dan mungkin paling mahal karena ronanya yang indah.

Australia adalah pemasok utama Opal Halus dan hampir 95 persen dari semua Opal berasal dari tambang Australia. Opal terbuat dari pasir dan air. Ini memiliki rumus kimia yang sama seperti kuarsa dengan penambahan kadar air 3 sampai 10%. Dan karena alasan ini, opal harus dilindungi dari cahaya yang keras dan panas, yang bisa kering dan menyebabkan keretakan. Opal relatif kurang keras dibandingkan dengan batu-batu lain dan harus dipakai dengan hati-hati untuk menghindari retak, pecah atau kerusakan lainnya. Opal datang dalam berbagai warna yang menarik, bentuk dan ukuran dan digunakan pada banyak jenis perhiasan hias termasuk cincin, cincin anting-anting, bros, pesona, gelang, dll

Mutiara
batu mutiara

Warna - Putih, Putih Cream, Pink, Kuning, Hijau, Biru, Coklat, Ungu, atau hitam.
Skala kekerasan Mohs - 2,5-4,5
Ditemukan di Teluk Persia, Laut Cina

Mutiara adalah sebuah permata organik, diproduksi oleh moluska tertentu, terutama tiram, mencakup benda asing dengan lapisan nacre indah. Sebuah Mutiara berukuran bagus dapat memakan waktu antara lima sampai delapan tahun untuk terbentuk, yang biasanya menghabiskan seluruh umur kehidupan tiram atau moluska.

Ada dua jenis Mutiara: Mutiara Alam, terbentuk di dalam tiram liar, hampir mustahil untuk ditemukan saat ini, dan Mutiara budidaya di mana produksi mutiara artifisial diinduksi. Untuk memproduksi mutiara budidaya, manik-manik shell ditempatkan di dalam tiram dan tiram dikembalikan ke air. Ketika mutiara kemudian dipanen, tiram telah menutupi manik dengan lapisan nacre. Mutiara Alam terbaik hanya ada di Teluk Persia dan Laut Cina, sedangkan Mutiara Budidaya yang terbaik ada di Jepang, Korea dan Australia. Mutiara Alam jauh lebih mahal dan langka daripada mutiara budidaya.

Mutiara biasanya putih, kadang-kadang dengan semburat krim atau merah muda, tetapi bisa berwarna kuning, hijau, biru, coklat, ungu, atau hitam. Mutiara yang tersedia dalam berbagai bentuk: bulat, semi-bulat, tombol, drop, pir, oval, Barok, dan bercincin.Mutiara yang bulat sempurna sangat langka dan harganya sangat mahal. Mutiara adalah jenis langka, hidup dan harus dirawat dengan hati-hati.

Peridot
batu peridot

Warna - Kuning Hijau, Olive, kecoklatan Hijau
Skala kekerasan Mohs - 6,5-7
Mineral Kelas - Olivine
Ditemukan di Australia, Meksiko, Sri Lanka, Afrika Selatan, Tanzania, Cina, Burma, Arizona, Amerika Serikat, Pakistan, Afghanistan

Peridot adalah batu permata yang sangat tua tapi masih sangat populer. Warna dominan yang terdapat di batu ini disebabkan oleh jejak elemen lain tetapi warna Peridot merupakan bagian integral dari struktur. Kandungan Kimia Peridot adalah besi magnesium silikat. Intensitas warna batu tergantung pada jumlah zat besi yang terkandung. Keindahan Peridot adalah hasil dari kondisi ekstrim. Peridot terbentuk jauh di dalam bumi di bawah panas dan tekanan yang luar biasa.

Batu permata ini sebenarnya diidentifikasi oleh tiga nama, Peridot, Chrysolith dan Olivin. 'Peridot' berasal dari kata Yunani 'Peridona', yang berarti 'memberi banyak'. Kata 'Chrysolith' berarti 'Goldstone' dalam bahasa Yunani. Ini adalah salah satu dari beberapa batu yang hanya ada dalam satu warna. Yang paling indah Peridot berasal dari Pakistan-Afghanistan wilayah perbatasan. Hal ini juga ditemukan di Australia, Meksiko, Sri Lanka, Afrika Selatan, Tanzania, Cina, Burma, Arizona dan Amerika Serikat. Peridot biasa digunakan dalam cincin, anting-anting, liontin, gelang.

Tanzanite
batu tanzanite

Warna – Biru tua, Biru, Biru muda, Ungu
Skala kekerasan Mohs - 6 - 7
Kelas Mineral - Quartz
Ditemukan di Tanzania

Tanzanite adalah batu permata yang luar biasa dan indah. Tanzanite terdiri dari warna biru zoisite. Batu permata yang ditemukan pada tahun 1967 di Merelani Hills di Tanzania. Hal ini dinamai setelah negara Afrika Timur Tanzania, satu-satunya tempat di dunia di mana telah ditemukan. Karena alasan ini, batu ini terutama sangat berharga.

Tanzanite adalah permata trichroic yang menampilkan tiga lapisan warna. Warna biru tua, hijau kekuningan dan merah keunguan. Hampir semua tanzanite telah dipanaskan untuk menghasilkan warna ungu-biru yang indah batu ini dikenal.

Meskipun Tanzanite relatif baru di pasar batu permata, tetapi telah meninggalkan jejak. Tanzanite populer karena kecemerlangannya dan didistribusikan secara luas. Tetapi pada saat yang sama, Tanzanite adalah batu permata halus dan harus selalu dipakai dengan hati-hati. Jangan pernah membersikan batu tanzanite dengan pembersih ultrasonik atau mengubah ukuran atau memperbaiki cincin Tanzanite tanpa melepaskan permata Tanzanitenya karena dapat menurunkan kualitas dan keindahan dari batu.

Batu topas
batu topas

Warna - Biru, Coklat, Hijau, Orange, Pink, Merah, Kuning, Putih, Gold, tak berwarna
Skala kekerasan Mohs - 8
Kelas Mineral - Topaz
Ditemukan di Brazil, Sri Lanka, Burma, Nigeria, Amerika Serikat, Australia, Madagaskar dan Meksiko

Topaz adalah keluarga Mineral Quartz. Batu permata yang indah ini paling sering ditemukan dalam warna kuning. Sebuah Topaz menjadi warna biru terang bila terkena panas. Topaz juga dikatakan memiliki kekuatan berubah warna ketika ada di dekat racun. Nama topaz berasal dari 'Tapas' kata Sanskerta, yang berarti 'Api'.

Meskipun Topaz dianggap batu permata tangguh dan tahan lama tapi tetap saja bukan merupakan batu tahan lama, karena rentang retak dan pecah daripada batu permata lainnya, sehingga harus ditangani dengan hati-hati.

Tourmaline
batu tourmaline

Warna - Hitam, Merah, Pink, Biru, Hijau, Abu-abu dan kuning
Skala kekerasan Mohs - 7-7,5
Kelas Mineral - kuarsit
Ditemukan di Brazil, Sri Lanka, Afrika Selatan, Nigeria, Zimbabwe, Kenya, Tanzania, Mozambik, Madagaskar, Pakistan, Afghanistan, Amerika Serikat

Tourmalines adalah batu permata dengan kecemerlangan dan warna yang tak tertandingi. Batu permata ini merupakan kristal yang terdiri dari campuran kialuminium boron silikat dengan komposisi yang kompleks dan berubah-ubah.

Nama turmalin berasal dari kata Sinhala 'tura mali', berarti sesuatu seperti 'batu dengan warna campuran'. Tourmalines dengan warna yang berbeda memiliki nama yang berbeda juga. Misalnya, turmalin dari merah intens dikenal sebagai 'rubellite', tetapi jika perubahan warna pada perubahan sumber cahaya maka batu ini disebut merah muda atau shocking turmalin merah muda. Batu dengan dua warna yang dikenal sebagai tourmalines bicolored, dan batu dengan warna lebih dari dua dikenal sebagai tourmalines warna-warni.

Batu permata ini memiliki kualitas yang sangat baik dan mudah dirawat. Tidak ada dua tourmalines yang sama persis. Dalam dunia batu permata, turmalin adalah batu yang sangat istimewa.

Jenis batu akik dari bentuknya
Jenis batu akik dari bentuknya - written by admin , published at 5:46 AM, categorized as batu akik , batu akik termahal , batu langka , harga batu akik . And have 0 comments
No comment Add a comment
Cancel Reply
GetID
Theme designed by Damzaky - Published by Proyek-Template
Powered by Blogger
-->